Membangun Serta mewujudkan Tuban Sejahtera, Berkeadilan, Berbudaya, Berdaya Saing dan Berbasis Lingkungan Melalui "Mbangun Deso Noto Kutho"

Artikel

Pelaksanaan Musyawarah Masyarakat Desa (MMD) Desa Sugiharjo- Puskesmas Tuban

18 November 2020 11:10:59  Desa Digital  199 Kali Dibaca  Berita Desa

sugiharjo.desa.id - Pada Selasa 17 November 2020 Puskesmas Tuban melaksanakan Musyawarah Masyarakat Desa (MMD) bertempat Balai Desa Sugiharjo dengan peserta terdiri dari perwakilan warga desa dan masyarakat, Kader Posyandu, Sekretaris Desa, Perangkat Desa, Bhabinkamtibmas, dan Babinsa. Seluruh peserta MMD sangat antusias dalam diskusi kelompok untuk mengidentifikasi masalah serta menetapkan prioritas masalah. Selanjutnya peserta secara bersama-sama menggali dan memecahkan masalah kesehatan yang ada di wilayahnya sehingga muncul berbagai usulan rencana kegiatan untuk tahun 2021

Pusat Kesehatan Masyarakat atau Puskesmas adalah Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) yang bertanggungjawab atas kesehatan masyarakat di wilayah kerjanya pada satu atau bagian wilayah kecamatan. Dalam Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 75 Tahun 2014 tentang Pusat Kesehatan Masyarakat dinyatakan bahwa Puskesmas berfungsi menyelenggarakan Upaya Kesehatan Masyarakat (UKM) dan Upaya Kesehatan Perseorangan (UKP) tingkat pertama. Agar Puskesmas dapat mengelola upaya kesehatan dengan baik maka puskesmas harus menyusun rencana kegiatan yang tertuang dalam rencana tahunan dan rencana lima tahunan. Perencanaan ini harus disusun dengan mempertimbangkan hasil analisa dari sisi pandang masyarakat yang dilakukan melalui Survey Mawas Diri (SMD).

Survei Mawas Diri adalah kegiatan untuk mengenali keadaan dan masalah yang dihadapi masyarakat, serta potensi yang dimiliki masyarakat untuk mengatasi masalah tersebut. Potensi yang dimiliki antara lain ketersediaan sumber daya, serta peluang – peluang yang dapat dimobilisasi. Hal ini penting untuk diidentifikasi oleh masyarakat sendiri, agar selanjutnya masyarakat dapat digerakkan untuk berperan serta aktif memperkuat upaya-upaya perbaikannya, sesuai batas kewenangannya.

Hasil Survey Mawas Diri (SMD) yang sudah dilakukan bersama masyarakat ini selanjutnya dibahas bersama dengan perwakilan warga desa dan masyarakat untuk selanjutnya dilakukan kegiatan perumusan dan penentuan prioritas masalah dalam sebuah forum Musyawarah Masyarakat Desa (MMD). Ini merupakan sebuah forum pertemuan perwakilan warga desa untuk membahas hasil Survei Mawas Diri (SMD) dan merencanakan penanggulangan masalah kesehatan yang diperoleh dari hasil SMD. Kegiatan MMD sangat penting untuk dilaksanakan dalam rangka menyusun perencanaan kegiatan puskesmas agar sesuai dengan permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat di wilayah kerja.

Bapak Sekretaris Desa menyampaikan bahwa pendanaan untuk berbagai macam usulan kegiatan program kesehatan ini diharapkan juga  bisa bersinergi dengan perencanaan anggaran di Desa Sugiharjo sehingga masalah kesehatan tidak hanya menjadi tanggung jawab Puskesmas, namun Desa juga bisa turut berperan terutama untuk mensuport program kesehatan yang urgent dan dibutuhkan masyarakat melalui alokasi Anggaran Dana Desa (ADD). (mah sgh)

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Aparatur Desa

Back Next

 Tagihan PBB

 Statistik

 Arsip Artikel

31 Januari 2023 | 417 Kali
Laporan Pertanggungjawaban Keuangan Pemerintah Desa Sugiharjo Tahun Anggaran 2022
09 November 2022 | 178 Kali
Selamat Hari Jadi Tuban ke 729 Tuban
24 Agustus 2016 | 250 Kali
Visi dan Misi
31 Januari 2022 | 149 Kali
Anggaran dan Pendapatan dan Belanja Desa Sugiharjo tahun 2022
22 April 2014 | 136 Kali
Pengaduan
30 April 2014 | 149 Kali
Kelompok Tani
07 November 2014 | 267 Kali
Pemerintahan Desa

 Agenda

 Sinergi Program

 Komentar

 Media Sosial

 Statistik Pengunjung

  • Hari ini:219
    Kemarin:218
    Total Pengunjung:143.381
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:54.227.136.157
    Browser:Tidak ditemukan