Membangun Serta mewujudkan Tuban Sejahtera, Berkeadilan, Berbudaya, Berdaya Saing dan Berbasis Lingkungan Melalui "Mbangun Deso Noto Kutho"

Artikel

Admin Web Desa Sugiharjo ikuti Pelatihan Jurnalistik oleh Diskominfo Tuban

30 Oktober 2020 10:35:02  Desa Digital  147 Kali Dibaca  Berita Desa

 

sugiharjo.desa.id – Media informasi menjadi aspek yang sangat penting dalam kehidupan bermasyarakat di era globalisasi. Banyak media yang bisa dipakai sumber informasi, bisa melalui media cetak maupun media elektronik, termasuk website.

Website bisa diakses oleh siapa saja, dari segala penjuru dunia. Indonesia mempunyai potensi besar sebagai sumber pembelajaran bagi warga negara asing. Sumber daya yang melimpah, keunikan adat dan budaya yang beragam. Serta keramahan masyarakat yang luar biasa.

Dalam memberikan informasi yang termuat dalam website, diperlukan tata cara penulisan yang benar serta menarik. Hal ini merupakan faktor penting, sebab kebenaran serta keunikan mampu membawa pembaca berselancar lebih lama menikmati berita yang termuat di dalam website yang dikunjungi.

Kemampuan dalam beraliterasi dan kapasitas pengetahuan operator website menjadi kuncinya. Maka dalam rangka meningkatkan kapasitas Relawan TIK, Blogger serta Operator Website Desa. Diskominfo Kabupaten mengadakan Pelatihan Jurnalistik. Kegiatan ini diadakan pada Rabu, 30 Oktober 2019 di Gedung LPSE Kabupaten Tuban.

Penulis muda dengan segudang pengalaman asli dari Kota Tuban, menjadi narasumber pada pelatihan kali ini, beliau adalah Hiday Nur. Materi yang diberikan sangat menarik bagi peserta. Penyampaian yang lugas, jelas, dan menghibur menjadikan peserta tidak jenuh dalam menerima materi. Dari pengalamannya dalam dunia literasi, beliau tidak pelit dalam berbagi informasi. Selain aktif dalam dunia kepenulisan, beliau juga aktif membangun dan mencetak generasi muda pecinta literasi.

“Ada banya hal yang bisa dimasukkan dalam website desa. Hal yang cukup menarik perhatian bagi pembaca adalah mengenai keunikan serta potensi desa. Karena hal itu yang mampu membawa pembaca masuk dan memahami lebih jauh tentang keunggulan dan keunikan dari desa”, ujar Hiday Nur.

Ada lima aspek yang harus ada dalam berita yang dimuat dalam website desa. Berita harus bisa dipertanggungjawabkan, mampu memberikan informasi yang akurat, mempu mengakomodasi kebutuhan warga dalam pelayanan desa, mampu mengedukasi serta mempromosikan keunggulan yang ada pada Desa.

Besar harapan kegiatan seperti ini terus ditingkatkan dan mampu membawa dampak baik dalam pengembangan website desa sehingga menjadikan masyarakat melek informasi dan ritin mendapatkan keterbukaanninformasi yang aktual serta terpercaya yang berkembang di Desa.

Diskominfo Peduli Literasi.
Diskominfo Hebat.
(mah-sgh)

 

info Tuban

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Aparatur Desa

Back Next

 Tagihan PBB

 Statistik

 Arsip Artikel

 Agenda

 Sinergi Program

 Komentar

 Media Sosial

 Statistik Pengunjung

  • Hari ini:215
    Kemarin:246
    Total Pengunjung:146.679
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:18.234.55.154
    Browser:Tidak ditemukan