Pengumuman Pengangkatan Perangkat Desa Sugiharjo

TIM PENGANGKATAN PERANGKAT DESA SUGIHARJO

KECAMATAN TUBAN

KABUPATEN TUBAN

TAHUN 2017

 

 

PENGUMUMAN I

Nomor : 141/  03  /TPPD/414.416.16/2017

 

            Sehubungan dengan kekosongan Jabatan Perangkat Desa yaitu : Sekretaris Desa Desa Sugiharjo Kecamatan Tuban Kabupaten Tuban, berdasarkan ketentuan dalam Peraturan Daerah Kabupaten Tuban Nomor 2 Tahun 2016 tentang Perangkat Desa, dan Peraturan Bupati Tuban Nomor 30Tahun 2017 Tentang Peraturan Pelaksanaan Peraturan Daerah Kabupaten Tuban Nomor 2 Tahun 2016 tentang Perangkat Desa,  maka perlu untuk segera mengisi lowongan jabatan Sekretaris Desa tersebut.

Tim Pengangkatan Perangkat Desa Sugiharjo membuka pendaftaran calon Perangkat Desa dimaksud selama 10 (sepuluh) hari kerja, dengan ketentuan sebagai berikut :

I.       SYARAT PENDAFTARAN :

Yang dapat mendaftarkan menjadi Calon Perangkat Desa adalah penduduk DesaWarga Negara Indonesia dengan syarat-syarat sebagai berikut :

  1. bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa;
  2. setia dan taat kepada Pancasila, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dan Negara Kesatuan dan Pemerintah Republik Indonesia;
  3. berpendidikan paling rendah sekolah menengah umum atau yang sederajat;
  4. berusia 20 (dua puluh) tahun sampai dengan 42 (empat puluh dua) tahun, terhitung pada saat pendaftaran ( 30 oktober 1975 s/d 30 Oktober 1997);
  5. mampu mengoperasikan komputer;
  6. sehat jasmani, serta bebas dari narkotika dan obat terlarang;
  7. berkelakuan baik;
  8. tidak sedang dijatuhi pidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang telah mempunyai kekuatan hukum tetap karena melakukan tindak pidana yang diancam dengan pidana penjara paling singkat 5 (lima) tahun atau lebih, kecuali 5 (lima) tahun setelah selesai menjalani pidana penjara dan mengumumkan secara jujur dan terbuka kepada publik bahwa yang bersangkutan pernah dipidana serta bukan sebagai pelaku kejahatan berulang-ulang;
  9. tidak sedang dicabut hak pilihnya berdasarkan putusan pengadilan yang mempunyai kekuatan hukum tetap; dan
  10. memenuhi kelengkapan persyaratan administrasi.
  11. Bakal Calon Perangkat Desa Wajib mendaftarkan diri di Sekretariat dan tidak boleh diwakilkan dan/ atau dititipkan

 

 II.    TATA CARA PENDAFTARAN :

Bakal calon Perangkat Desa wajib menyampaikan surat permohonan secara tertulis dengan tinta hitam perihal permohonan pencalonan sebagai Perangkat Desa yang dimohon/dilamar di atas kertas bermaterai cukup kepada Kepala Desa melalui Ketua Tim dengan dilampiri persyaratan sebagai berikut :

  1. 1.      Persyaratan Umum

1)      surat pernyataan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa yang dibuat oleh yang bersangkutan di atas kertas bermaterai cukup;

2)      surat pernyataan memegang teguh dan mengamalkan Pancasila, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dan mempertahankan memelihara keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia dan Bhinneka Tunggal Ika yang dibuat oleh yang bersangkutan di atas kertas bermaterai cukup;

3)      fotokopi Ijazah pendidikan dari tingkat dasar sampai dengan ijazah terakhir atau pengganti ijazah yang disahkan oleh pejabat yang berwenang dengan menunjukan aslinya pada saat mendaftar;

4)      fotokopi Akte Kelahiran yang disahkan oleh pejabat yang berwenang atau surat keterangan dari pejabat yang berwenang dengan menunjukan aslinya pada saat mendaftar;

5)      fotokopi Kartu Tanda Penduduk Desa setempat yang disahkan oleh pejabat berwenang atau surat keterangan dari pejabat yang berwenang dengan menunjukan aslinya pada saat mendaftar;

6)      surat Keterangan Berbadan Sehat dari Puskesmas atau aparat kesehatan yang berwenang;

7)      surat Keterangan Catatan Kepolisian dari Kepolisian setempat;

8)      surat Keterangan dari Pengadilan yang menerangkan tidak sedang dijatuhi pidana penjara karena melakukan tindak pidana yang diancam dengan pidana penjara paling singkat 5 (lima) tahun atau lebih;

9)      surat Pernyataan Pernah Menjalani Pidana Penjara minimal 5 (lima) tahun sebelum pendaftaran yang dibuat oleh yang bersangkutan diatas kertas bermaterai cukup dan mengumumkan secara jujur dan terbuka kepada publik melalui papan pengumuman Desa, bahwa yang bersangkutan pernah dipidana serta bukan sebagai pelaku kejahatan berulang-ulang bagi calon yang pernah menjalani pidana penjara;

10)  surat keterangan tidak sedang dicabut hak pilihnya dari pengadilan;

11)  surat Pernyataan Sanggup Berdomisili di Wilayah Dusun Setempat, khusus bagi calon Kepala Dusun yang melamar di dusun lain dan masih dalam wilayah satu Desa; dan

12)  pas foto berwarna terbaru ukuran 4x6 cm sebanyak 10 lembar.

 2.      Persyaratan Khusus

1)      Bagi Calon Perangkat Desa yang berasal dari Perangkat Desa (khusus lowongan Sekdes), selain memenuhi persyaratan umum sebagaimana tersebut diatas harus mendapatkan izin tertulis dari Kepala Desa;

2)      Bagi Calon Perangkat Desa yang berasal dari PNS, selain memenuhi persyaratan umum sebagaimana tersebut diatas harus mendapatkan izin tertulis dari pejabat Pembina kepegawaian;

3)      Bagi Calon Perangkat Desa yang berasal dari anggota TNI/POLRI, selain memenuhi persyaratan umum sebagaimana tersebut diatas, yang bersangkutan harus mengundurkan diri dari TNI/POLRI;

4)      Bagi Calon Perangkat Desa yang berasal dari pegawai BUMN/BUMD/BUM Desa, selain memenuhi persyaratan umum sebagaimana tersebut diatas, yang bersangkutan harus mendapatkan izin tertulis dari pimpinan/atasanya;

5)      Bagi Calon Perangkat Desa yang berasal dari Pengurus Lembaga Kemasyarakatan Desa, apabila diangkat menjadi Perangkat Desa, yang bersangkutan harus mengundurkan diri dari Pengurus Lembaga Kemasyarakatan Desa;

 3.      Persyaratan dibuat dalam rangkap rangkap 3 (tiga) :

1)      Berkaspertama (asli) sebagai arsip Desa;

2)      Berkas kedua disampaikan kepada Camat; dan

3)      Berkas ketiga disampaikan kepada Bupati sebagai laporan.

 

III. WAKTU PENDAFTARAN :

1)      Pendaftaran dibuka     :     tanggal  30 Oktober 2017, pukul 07.00 WIB (hari pertama).

2)      Pendaftaran ditutup    :     tanggal  10 Nopember 2017,  pukul 15.30 WIB (hari kesepuluh).

3)      Tempat Pendaftaran    :     di Balai Desa SUGIHARJO

4)      Jam/waktu pembukaan dan penutupan sesuai dengan ketrentuan jam kerja (07.00–15.30WIB ).

                                                                  

 

Sugiharjo, 27 Oktober 2017

Tim Pengangkatan Perangkat Desa Sugiharjo

Kecamatan Tuban

K e t u a

 

 

 

S U J I T O

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)