Sedekah Bumi di Bendungan Sukun

Petani Desa Sugiharjo, Kecamatan Tuban Kota, menggelar acara sedekah bumi di Bendungan Sukun, Selasa (20/02/2018). Acara itu merupakan wujud rasa syukur petani kepada Tuhan yang maha kuasa. Selain itu, mereka juga berharap mendapat panen yang melimpah.
Mengawali acara, petani bersama perangkat desa sugiharjo dan desa sekitar melakukan penyembelihan kambing kendit (bergaris tengah) diarea bendungan sukun. Prosesi dilanjutkan dengan membersihkan sungai disekitar bendungan sukun, bersamaan dengan itu koki khusus didatangkan untuk mengolah daging kambing yang sudah disembelih oleh pemuka agama.

Pada acara yang rutin digelar setiap tahun ini juga dihadiri oleh Camat Tuban Bapak Erkhamni dan Muspika Tuban. Meskipun hujan juga turun dengan deras bersamaan dengan acara berlangsung tidak mengurangi rasa khidmat.
Acara ditutup dengan makan bersama antara petani, warga sekitar bendungan sukun dan segenap jajaran pemerintah desa yang sebelumnya makanan dengan segala ubo rampe tersebut didoakan terlebih dahulu.

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)