01 Februari 2019 10:31:54
Ditulis oleh Admin

Kegiatan Keduk Dam - Bentuk Kerukunan dan Rasa Syukur.

sugiharjo.desa.id - Kegiatan keduk DAM yang dilaksanakan oleh Pemdes Sugiharjo bersama kelompok petani se kecamatan tuban merupakan kegiatan tradisi dan sejarah yang turun temurun dilaksanakan dari zaman nenek moyang sampai saat ini. Tradisi ini merupakan  wujud syukur sekaligus harapan petani kepada sang pencipta  atas segala yang telah diberikan dengan harapan agar selalu diberikan keberkahan dan kelancaran dalam melaksanakan kegiatan khususnya pertanian, dalam hal ini berkaitan dengan pengairan untuk sawah para petani. Diawali dengan berdo’a bersama dan penyembelihan kambing, kegiatan dilanjutkan dengan pembersihan aliran sumber sungai yang diawali oleh Bapak Karso selaku Kepala Desa Sugiharjo Kecamatan Tuban dengan menggunakan kain batik bermotif mega mendung yang memiliki filosofi sebagai simbol hujan.

Pelaksanaan kegiatan ini setelah awal tanam di musim penghujan, tepatnya hari Selasa Wage yang bertempat di DAM MBRUBULAN Desa Jadi Kecamatan Semanding Kabupaten Tuban, dan Selasa Legi yang bertempat di DAM BENDUNGAN SUKUN Desa Sugiharjo Kecamatan Tuban. 

Selain dihadiri oleh Pemerintah Desa Sugiharjo dan kelompok Petani, kegiatan ini juga dihadiri oleh Pemerintah Desa Kembangbilo, Sumurgung, Kelurahan Mondokan, Latsari dan Ronggomulyo, dan  UPT Pertanian serta Camat Tuban Kota.

“keduk DAM merupakan bentuk kerukunan dan pelestarian adat, semoga kegiatan seperti ini terus dilestarikan dengan disertai permohonan kepada sang kuasa semoga selalu diberikan kelancaran”, ujar Bapak Sudarmoko, selaku Sekretaris Desa Sugiharjo.

Mari lestarikan budaya sebagai bentuk syukur dan kerukunan bersama. (mah sgh)

#SUGIHARJO BISA


image
Gambar Tambahan 1 Lihat Gambar
Kategori

Bagikan :

comments powered by Disqus