Sejarah Desa

 

Sugiharjo yaitu suatu desa yang keberadaannya jauh dari keramaian kota dan kebisingan deru kendaraan kala itu (sekitar 6 km, sebelah barat kota Tuban).  Tetapi saat ini Sugiharjo merupakan desa yang sangat ramai karena keberadaannya dilewati oleh jalan poros yang ber-hotmix sehingga banyak dilewati oleh warga desa lain yang akan ke kota.

Sugiharjo merupakan singkatan dari dua kata yaitu Sugih (kaya) dan Raharjo (Sejahtera). Dimana dari kedua kata itu merupakan suatu kristalisasi harapan atau cita-cita sesepuh desa bahwasanya suatu saat desa ini akan berpenduduk dengan tidak kekurangan suatu apapun atau kaya, kaya dibidang ekonomi dan juga hatinya dan desa ini pula ini diharapkan akan menjadi desa yang sejahtera, sejahtera dari geliat perekonomiannya dan geliat pembangunannya, baik itu pembangunan dibidang fisik dan spiritual. Nama Sugiharjo belum bisa diketahui kapan mulai dijadikan nama desa secara resmi.

Oleh beberapa sumber Desa Sugiharjo dahulunya bernama Desa Mawot, desa ini pula tidak bisa lepas dari keberadaan Ulama Besar Negeri ini yaitu Syeh Ahmad Muttamakin (Syeh Cebolek). Sugiharjo untuk saat ini terbagi menjadi 2 (dua) dusun yaitu Dusun Winong dan Dusun Mawot itu sendiri. 

(Dari berbagai sumber)

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)