Membangun Serta mewujudkan Tuban Sejahtera, Berkeadilan, Berbudaya, Berdaya Saing dan Berbasis Lingkungan Melalui "Mbangun Deso Noto Kutho"

Artikel

Cegah Covid -19, Masyarakat Kompak Semprot Rumah Warga dan Fasilitas Umum

29 Maret 2020 09:24:13  Desa Digital  123 Kali Dibaca  Berita Desa

sugiharjo.desa.id – Penyemprotan cairan disinvektan secara massal di Sugiharjo dilaksanakan pada Minggu, 29 Maret 2020. Jumlah fasilitas umum seperti Masjid, Musholla, Pos Ronda, pasar desa, dan Sekolah serta seluruh rumah warga juga disemprot cairan anti bakteri dan virus itu.


“Penyemprotan ini adalah yang kedua kalinya, penyemprotan pertama difokuskan pada kantor Desa, dan Masjid di Sugiharjo . Hal ini sebagai upaya kami agar masyarakat Sugiharjo tidak terjangkit virus Covid-19 atau korona,” terang Bapak Warno (Kepala Desa Sugiharjo).


Tak hanya itu, edukasi terkait cara pencegahan virus korona masuk ke tubuh juga terus kami sampaikan dengan harapan swmoga kegiatan penyemprotan rutin dilakukan di rumah masing-masing secara mandiri,” paparnya. Edukasi tersebut meliputi makan makanan bergizi yang mengandung vitamin C dan E serta rutin mengonsumsi air, istirahat dan olahraga demi meningkatkan imunitas tubuh. Pakar kesehatan internasional menyebut dua jenis vitamin itu yang paling potensial menangkal virus korona. Dan hal ini sudah dipraktekkan oleh Singapura.


Selain itu, warga diimbau harus sering mencuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer serta sering berwudu untuk menjaga kebersihan. Physical distancing juga diterapkan agar penyebaran virus korona dapat diminimalisir.


“Termasuk penggunaan masker. Bahkan sifatnya wajib bagi yang sakit. Kami berharap masyarakat juga cepat tanggap apabila ada warga dari luar daerah yang masuk di area Sugiharjo, agar cepat dilaporkan kepada RT RW atau Perangkat Desa, agar segera dilakukan tindangan pencegahan oleh Pemerintah Desa”.


Masyarakat mengaku sangat senang dengan adanya penyemprotan ini. Menurutnya, saat warga butuh ketenangan di tengah mewabahnya virus korona.


“Kami mengapresiasi karena ada tindakan dari Pemerintah Desa. Harapan warga seperti itu, keluhannya didengar dan direspons dengan sangat baik. Warga jadi tenang berkat penyemprotan disinfektan” ujar salah satu warga. (mah sgh)

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Aparatur Desa

Back Next

 Tagihan PBB

 Statistik

 Arsip Artikel

 Agenda

 Sinergi Program

 Komentar

 Media Sosial

 Statistik Pengunjung

  • Hari ini:227
    Kemarin:292
    Total Pengunjung:135.030
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:44.192.15.251
    Browser:Tidak ditemukan