Membangun Serta mewujudkan Tuban Sejahtera, Berkeadilan, Berbudaya, Berdaya Saing dan Berbasis Lingkungan Melalui "Mbangun Deso Noto Kutho"

Artikel

Sosialisasi Pembentukan Desa Tangguh bersama Wakil Bupati Tuban

13 Juli 2020 11:45:59  Desa Digital  161 Kali Dibaca  Berita Desa

sugiharjo.desa.id – pada 13 Juli 2020 telah dilaksanakan Sosialisasi Desa Tangguh di Desa Sugiharjo. Dalam kegiatan ini turut dihadiri oleh Bapak Wakil Bupati Tuban (Ir. H. Noor Nahar Hussein, M.Si), Camat Tuban (Drs. R. Moch Dani Ramdani), serta Kepala Pelaksana BPBD Tuban (Drs. Yudi Irwanto, MMM)

hal ini terkait dengan semakin meningkatnya tingkat masyarakat yang positif terpapar Virus Corona.

Dalam arahannya, Wakil Bupati Tuban menyampaikan di Desa Sugiharjo, terutama pasarnya agar tidak menjadi klaster baru penyebaran Covid-19 tersebar di kecamatan Tuban. Karena kurang lebih 30 persen dari seluruh pasien positif Covid-19 di Kabupaten berasal klaster pasar.

“Saat ini klaster penyebaran covid-19 di Tuban paling banyak dari pasar di Kecamatan Palang, jadi jangan sampai pasar Desa Sugiharjo menjadi cluster juga,” pesan Wabub.

Wabup Tuban menerangkan penyebaran virus Corona sangat cepat dan mudah ditularkan terutama melalui orang tanpa gejala (OTG), yang rata- rata usianya masih muda, tidak terjadi gejala pada dirinya tapi bisa menularkan virus ke orang lain terutama ke yang berusia rentan dan memiliki riwayat penyakit.

“Orang yang terpapar virus covid-19 tidak bisa terlihat dengan kasat mata jadi kita harus terus waspada dan terus menerapkan protokol kesehatan, maka kita harus bergotong royong dan memaksimalkan upaya pencegahan dan pemutusan rantai penyebaran virus,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Wabub meminta semua masyarakat untuk lebih menjaga dirinya terutama wajib memakai masker, menjaga jarak, dan menghindari kerumunan untuk pencegahan penyebaran Covid-19.

“Temuan dari lembaga kesehatan dunia (WHO) menemukan penelitian bahwa covid19 yang ukurannya sangat kecil bisa melayang diudara selama kurang lebih 4 jam, maka kita wajib memakai masker, terutama di tempat yang tertutup, maka kalau kita dirumah buka semua jendelanya,” sambungnya.

Sementara itu, Kepala Desa Sugiharjo, Warno mengatakan saat ini di Desa Sugiharjo masih masuk kategori zona hijau karena tidak ada satupun warganya yang terpapar covid19.

Terkait Desa Tangguh Bencana, Kabupaten Tuban sendiri telah terbentuk Desa Tangguh sebanyak 77 Destana (Desa Tangguh Bencana)

Sesuai UU 24 tahun 2007 dan peraturan kepala BNPB no 1 tahun 2012, Destana berdiri di Tuban pada 2014, terutama di area Desa di bantaran Bengawan Solo.

Apa itu Destana?

Destana adalah Desa yang mempunyai kemampuan mandiri untuk menghadapi bencana, bertujuan mengurangi dampak resiko bencana (Mitigasi Bencana)

Apa yang dilaksanakan saat terjadi bencana?

  1. Mendirikan Dapur Umum
  2. Posko Pengungsian
  3. Evakuasi

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Aparatur Desa

Back Next

 Tagihan PBB

 Statistik

 Arsip Artikel

 Agenda

 Sinergi Program

 Komentar

 Media Sosial

 Statistik Pengunjung

  • Hari ini:251
    Kemarin:268
    Total Pengunjung:146.983
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:3.236.81.4
    Browser:Tidak ditemukan