Membangun Serta mewujudkan Tuban Sejahtera, Berkeadilan, Berbudaya, Berdaya Saing dan Berbasis Lingkungan Melalui "Mbangun Deso Noto Kutho"

Artikel

Pemerintah Desa Sugiharjo SIAP Aplikasikan Tanda Tangan Elektronik

03 Februari 2021 10:40:54  Desa Digital  198 Kali Dibaca  Berita Desa

sugiharjo.desa.id - SEPASI-TTE merupakan aplikasi untuk mengirim dan membuat surat secara online dengan tanda tangan dari Kepala Desa serta Camat berupa tanda tangan elektronik. Tanda tangan Elektronik adalah Tanda tangan yang menggantikan tanda tangan basah, Stempel, dan Legalisir.

Muara dari Penggunaan Tanda Tangan Elektronik ini nantinya masyarakat mampu membuat/meminta surat secara online dan mandiri hanya dengan memasukkan KTP Elektronik pada Alat APM (Anjungan Pelayanan Mandiri), dilanjutkan memilih surat yang dibutuhkan dan menunggu verifikasi dari Kepala Desa dan atau Camat. setelah verifikasi diterima, maka masyarakat bisa langsung mencetak suat tersebut tanpa harus meminta tanda tangan manual Kepala Desa dan atau Camat.

Agus Heru Purnomo, SP. Kabid Pemberdayaan dan Pengembangan TIK Tuban menyampaikan, "Pendaftaran TTE ini melalui BSSN (Badan Siber dan Sandi Negara) Pusat. Tanda tangan elektronik ini bersifat pribadi serta ada pin atau passwordnya. Menurut beliau, admin desa yang nantinya akan banyak berperan dalam penggunaan aplikasi SEPASI-TTE tersebut.

Surat hasil dari Aplikasi SEPASI TTE akan terdapat Barcode yang bisa discan melalui Aplikasi Tuban Smart City untuk pengecekan isi surat, dan sekaligus sebagai pengaman untuk mencegah pemalsuan isi surat yang telah dicetak. (mah - sgh)

 

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Aparatur Desa

Back Next

 Tagihan PBB

 Statistik

 Arsip Artikel

 Agenda

 Sinergi Program

 Komentar

 Media Sosial

 Statistik Pengunjung

  • Hari ini:261
    Kemarin:268
    Total Pengunjung:146.993
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:54.152.216.170
    Browser:Tidak ditemukan