Membangun Serta mewujudkan Tuban Sejahtera, Berkeadilan, Berbudaya, Berdaya Saing dan Berbasis Lingkungan Melalui "Mbangun Deso Noto Kutho"

Artikel

Karang Taruna “BINA RAHARJA” Adakan Ramadhan Festival

02 April 2023 09:14:54  Desa Digital  493 Kali Dibaca  Berita Desa

sugiharjo.desa.id – Dengan mengangkat tema “Bangkitkan Semangat Kreatifitas Berkarya Dalam Bulan Suci Ramadhan”, Karang Taruna Bina Raharja mengadakan kegiatan Ramadhan Festival, dengan bekerjasama dan berkolaborasi dengan PAC IPNU IPPNU Ranting Sugiharjo, ANSOR, PAGAR  NUSA, Paguyuban Kue Basah RAOS ECO, dan Grup Tongklek PUTRA RAHAYU Sugiharjo.

 

Kegiatan berlangsung selama tiga hari, dimulai dengan Serba-serbi takjil pada 30 Maret s/d 1 April 2023 serta dilanjutkan kegiatan Festival Tongklek pada hari terakhirnya. Serba-serbi takjil diikuti  oleh UMKM di bawah naungan Paguyuban RAOS ECO.

 

Festival Tongklek diikuti oleh 20 Grub Tongklek dari berbagai wilayah di Kabupaten Tuban, Festival Tongkek dalam Rangka Ramadhan Festival 2023 berlangsung dengan meriah, dengan rute start/finish di Lapangan Desa Sugiharjo, dihadiri Kepala Desa Sugiharjo beserta Perangkatnya, dan dibuka secara langsung oleh Wakil Bupati Tuban H. Riyadi, S.H.

 

Rute Festival Tongklek dimulai dari Lapangan Desa Sugiharjo, Perempatan Mbah Bareo, Perempatan Morjobakit, Perempatan Landoh, Perempatan Sidowayah dan Kembali ke Lapangan Desa Sugiharjo. Kegiatan Festival Tongklek berlangsung mulai pukul 20.00 WIB dan menjadi sebuah daya tarik dan hiburan tersendiri bagi warga Desa Sugiharjo dan sekitarnya. Mereka dengan semangat memadati tepi jalan untuk menyaksikan kreasi-kreasi grup tongklek yang berasal dari berbagai daerah di Kabupaten Tuban.

 

Wakil Bupati Tuban dalam sambutanya dan sekaligus membuka Festival Tongklek, mengajak seluruh masyarakat agar menjaga serta melestarikan kesenian tongklek di Kabupaten Tuban.

“Tradisi religi leluhur untuk membangunkan sahur pada  bulan Ramadhan ini perlu dijaga dan dilestarikan, karena sudah menjadi salah satu ciri khas budaya masyarakat Tuban” kata H. Riyadi, S.H.

“Tongklek adalah salah satu kesenian yang menjadi aset daerah yang perlu kita rawat dan kita lestarikan bersama” Tambah H. Riyadi, S.H.

Maka dengan adanya festival tongklek pemerintahan daerah memberikan apresiasi. Harapan kedepan akan di kembangkan terus kesenian tongklek menjadi salah satu ciri khas masyarakat Tuban. (mah sgh)

 

DAFTAR JUARA GROUP TONGKLEK RAMADHAN FESTIVAL SUGIHARJO 2023

 

  • JUARA 1 : PUTRA BIMA (KECAMATN KEREK)
  • JUARA 2 : PRABU KENCONO (PERBON TUBAN)
  • JUARA 3 : NEW PANJI NADA (JENGGOLO JENU)
  • JUARA HARAPAN 1 : NEW REVOLUSI BUDOYO (LERAN KULON PALANG)
  • JUARA HARAPAN 2 : LARAS KENCONO (SUMURGUNG TUBAN)

Link Youtube Festival Tongklek Sugihaarjo 2023 : https://youtu.be/MJOp70p2Ed4

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Aparatur Desa

Back Next

 Tagihan PBB

 Statistik

 Arsip Artikel

 Agenda

 Sinergi Program

 Komentar

 Media Sosial

 Statistik Pengunjung

  • Hari ini:82
    Kemarin:630
    Total Pengunjung:172.446
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:44.192.48.196
    Browser:Tidak ditemukan