Kegiatan Khotmil Qur'an TP PKK Desa Sugiharjo

  • Jul 09, 2024
  • Sugiharjo

website desa sugiharjo - TP PKK Desa Sugiharjo Kecamatan Tuban melaksanakan Khotmil Qur'an, pada Senin 8 Juli 2024 di Perpustakaan Desa yang bertempat Balai Desa Sugiharjo.

Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka menyambut pergantian tahun islam ( 1 Muharram 1446 H )

Khotmil quran adalah salah satu bentuk ibadah yang sering menjadi tradisi ketika Ramadan. Khotmil quran artinya adalah khatam Al-Qur'an.

Brilly El-Rasheed dalam buku Ayat-ayat Cahaya menjelaskan khotmil quran adalah salah satu amalan yang sangat dicintai Allah SWT, seperti tertuang dalam hadits.

Ada seseorang yang bertanya kepada Rasulullah SAW, "Wahai Rasulullah, amalan apakah yang paling dicintai Allah?"

Beliau menjawab, "Al-hall wa al-murtahil."

Orang ini bertanya lagi, "Apa itu al-hall wa al-murtahil, wahai Rasulullah?"

Beliau menjawab, "Yaitu yang membaca Al-Qur'an dari awal hingga akhir. Setiap kali selesai ia mengulanginya lagi dari awal." (HR At-Tirmidzi)

"Semoga kegiatan ini bisa berjalan istiqomah dan swluruh anggota TP PKK Desa sugiharjo mendapat keberkahan dari bacaan-bacaan ayat suci Al Quran", ujar sekaligus harapan dari Bapak Warno Kepala Desa Sugiharjo.

Ketua TP PKK Desa Sugiharjo Dra. rr. Wadzih Muyassaroh juga berharap agar gelaran aktivitas membaca Al Qur’an yang dilakukan secara bersama-sama tersebut dapat memberikan stimuli untuk rutin dalam mengaji. Sehingga dapat membangkitkan kembali budaya mengaji.

Khotmil Qur'an TP PKK Desa Sugiharjo Kecamatan Tuban Menguatkan Internalisasi dan Pemahaman Alqur'an yang membumi, sebagai wujud menjadikan Alqur'an sebagai petunjuk yang akan menjadi kekuatan untuk membentengi diri dari segala ujian dan cobaan dan sebagai upaya meningkatkan ketaqwaan kepada Allah SWT.