Monitoring dan Evaluasi Pelaksanaan Dana Desa TA. 2023 Pemerintah Desa Sugiharjo oleh Inspektorat Kabupaten Tuban

  • Jun 29, 2024
  • Sugiharjo

website desa sugiharjo - Inspektorat Kabupaten Tuban melaksanakan Monitoring dan Evaluasi Pelaksanaan Dana Desa Tahun Anggaran 2023 Pemerintah Desa Sugiharjo guna melaksanakan pembinaan dan memastikan kedisiplinan pelaporan serta mengecek volume dan kualitas pekerjaan lapangan yang dikerjakan menggunakan dana desa tahun anggaran 2023, pada Selasa (25/06/2024).

Sugiharjo menjadi Desa yang beruntung karena setiap tahun selalu dikunjungi inspektorat, karena kegiatan Monev ini untuk melaksanakan pembinaan sekaligus untuk mengetahui pelaksanaan program dan kegiatan yang ada di desa sudah sesuai tata kelola keuangan desa atau belum, sehingga akan lebih meningkatkan kedisiplinan pada Perangkat Desa untuk giat dan taat membuat pelaporan pasca kegiatan.

Kegiatan monev dimulai pada pukul 8 pagi, diawali dengan pemeriksaan berkas Perdes, Perkades, Pelaporan Pajak dan seluruh SPJ kegiatan operasional, non fisik sampai dengan kegiatan fisik. Setelah rampung pemeriksaan berkas SPJ, dilanjutkan pemeriksaan pekerjaan lapangan guna mengecek kualitas dan memastikan besaran volume pekerjaan yang sudah rampung dikerjakan oleh masing-masing pelaksana kegiatan anggaran.

Selalu ada catatan dari inspektorat pasca melaksanakan monitoring, namun hal itu sangatlah lumrah, karena dengan catatan yang ada Pemerintah Desa akan mengevaluasi kekurangan untuk dapat dimaksimalkan pada pekerjaan pada tahun berikutnya. ( mah sgh )