Musyawarah Desa Rencana Kerja Pemerintahan Desa Sugiharjo Tahun 2025

  • Jul 05, 2024
  • Sugiharjo

website desa sugiharjo - Pemeritah Desa Sugiharjo melaksanakan Musyawarah Desa dalam Rangka Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDes) Tahun 2025 pada 5 Juli 2024 di Balai Desa Sugiharjo

Kegiatan Musdes RKP 2025 dihadiri oleh Kepala Desa, BPD, Perangkat Desa, Babinsa, Bhabinkamtibmas, LPMD, TP PKK Desa, Karang Taruna Desa serta Ketua RT dan RW dan Bumdes.

Turut hadir dan memberi arahan dari pemerintahan Kecamatan Tuban yang diwakili oleh Bapak Wahyu Staff Pemerintahan Kecamatan dan Ibu Yunita Kasi PMD Kecamatan. Beliau menyampaikan agar melaksanakan beberapa poit penting, salah satunya adalah pembangunan jalan lingkungn dan pengurangan stunting.

Rencana Kerja Pemerintah Desa, selanjutnya disingkat RKP Desa merupakan penjabaran dari RPJM Desa untuk jangka waktu 1 (satu) tahun. RKP Desa merupakan dokumen rujukan untuk menyusun Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APB Desa) yang harus disusun setiap tahun dimulai sejak bulan Juli tahun berjalan, untuk menjamin keberlanjutan pembangunan di desa, dokumen RKP Desa harus disusun berdasarkan dokumen RPJM Desa yang telah disusun sebelumnya.

Karena dokumen RKP Desa akan menjadi dasar untuk penyusunan APB Desa, maka dokumen RKP Desa harus telah ditetapkan paling lambat pada bulan september tahun berjalan.

Sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri No. 114 Tahun 2015 tentang Pedoman Perencanaan Pembangunan Desa, Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKP Desa) adalah penjabaran dari RPJM Desa untuk jangka waktu 1 (satu) tahun.

Daftar Usulan RKP Desa adalah penjabaran RPJM Desa yang menjadi bagian dari RKP Desa untuk jangka waktu 1 (satu) tahun yang akan diusulkan Pemerintah Desa kepada Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota melalui mekanisme perencanaan pembangunan daerah.

Sudarmoko Sekretaris Desa Sugiharjo menyampaikan usulan-usulan kegiatan yang merupakan database daftar usulan dari RT RW dan lembaga desa dari awal Bapak Warno Kepala Desa menjabat. Banyak point yang sudah rampung dilaksanakan, namun banyak pula point penting yang akan dilaksanakan di tahun berikutnya.

Guna review kepada tamu musdes yang hadir, disampaikan pula kegiatan-kegiatan yang sudah dikerjakan pada 2023 dan akan dikerjakan pada 2024.

BLT DD dan Ketahanan Pangan masih menjadi prioritas penggunaan Dana Desa 2025 , karena harus terserap minimal 20% dari total anggaran, namun kegiatan lain juga tidak kalah penting.

"Akan kami usahakan untuk tahun berikutnya Desa Sugiharjo bisa menganggarkan pengadaan Ambulance Desa, guna memfasilitasi masyarakat yang membutuhkan saat akan berobat ke rumah sakit", ujar Warno Kepala Desa Sugiharjo.

Musyawirin menyambut baik hal tersebut, karena memang merupakan hal penting yang diperlukan oleh masyakatan pada saat kondisi mendesak. (mah sgh)