Pengurus Masjid Al Karomah Laksanakan Tahlil Akbar dalam rangka Sedekah Bumi

  • May 03, 2024
  • Sugiharjo

website desa sugiharjoPengurus masjid Al-Karomah Dusun Winong Desa Sugiharjo melaksanakan Tahlil Akbar dalam rangka sedekah bumi, pada kamis, 2 Mei 2024.

Tradisi Tahlil Akbar dalam rangka sedekah bumi ini, merupakan salah satu bentuk tradisi tradisional masyarakat di pulau jawa yang sudah berlangsung secara turun-temurun dari nenek moyang orang jawa terdahulu.

Tahlil akbar kali ini dilaksanakan masih dalam bulan syawal, sehingga ngiras-ngirus halal bihalal bagi para tamu dan Masyarakat yang hadir. Adapun kegiatan diawali dengan pembacaan sholawat dilanjutkan pembacaan surat Yaasiin dan tahlil serta diakhiri dengan do’a, yang mana barokahnya ditujukan kepada para tokoh pendahulu yang berperan aktif dalam berkembangnya keagaamaan dan kemasyarakatan di wilayah dusun winong.

Bagi masyarakat jawa khususnya tradisi ritual tahunan semacam sedekah bumi bukan hanya merupakan sebagai rutinitas atau ritual yang sifatnya tahunan belaka. Akan tetapi tradisi sedakah bumi mempunyai makna yang lebih dari itu, upacara tradisional sedekah bumi itu sudah menjadi salah satu bagian dari masyarakat yang tidak akan mampu untuk dipisahkan dari budaya jawa .

Pada acara upacara tradisi sedekah bumi tersebut umumnya, tidak banyak peristiwa dan kegiatan yang dilakukan di dalamnya. Hanya saja, pada waktu acara tersebut biasanya seluruh masyarakat sekitar yang merayakannya tradisi sedekah bumi membuat berkat dan berkumpul menjadi satu di suatu lokasi khusus yang telah disepakati oleh seluruh masyarakat setempat untuk menggelar acara ritual sedekah bumi tersebut. (mah sgh)