21 Mei 2019 10:01:11
Ditulis oleh Admin

Penghargaan Dari Bupati Tuban untuk Desa Sugiharjo

Sugiharjo.desa.id - Pemerintah Kabupaten Tuban kembali menggelar Safari Ramadhan bersama Bupati Tuban dan Wakil Bupati Tuban tahun 1440 H/ 2019 M. Kecamatan Tuban menjadi salah satu tujuan dalam kegiatan Safari Ramadhan Tilik Desa tahun ini bersamaan dengan kegiatan pembagian santunan untuk kaum duafa, yang ditempatkan di Kelurahan Perbon, Jum’at (17/05/2019). Turut hadir dalam kegiatan ini Bupati beserta istri, Wakil Bupati beserta istri, Camat, Danramil dan Kapolsek Tuban Kota.

Bupati Tuban menyatakan, tema Safari Ramadhan Tilik Desa tahun ini adalah Penanganan Kemiskinan dan Pemberdayaan Masyarakat. Pada tahun 2018, jumlah masyarakat miskin mengalami penurunan sebesar 17.560 orang (1,56 persen). Dengan kata lain, jumlah masyarakat kemiskinan pada tahun 2018 sebesar 178.640 atau 15,31 persen.

“Ditargetkan pada tahun 2021 angka kemiskinan dapat ditekan hingga 12,50 persen,” ujarnya.

Guna mengatasi kemiskinan di masyarakat, Pemkab Tuban telah melaksanakan berbagai program dengan memaksimalkan berbagai sumber pendanaan, baik APBN, APBD, Baznas dan CSR perusahaan.

Program penanganan kemiskinan yang bersumber dari APBN, yaitu Program Keluarga Harapan (PKH). Sampai dengan tahun 2019, jumlah penerima sebanyak 57.919 keluarga.

“Jika masih ada masyarakat miskin yang belum dapat, segera laporkan ke Kades dan Camat,” tegas Bupati.

Sedangkan program pengentasan kemiskinan yang bersumber dari APBD Kabupaten Tuban antara lain Rehab Rumah Tidak Layak Huni (RTLH), pembangunan infrastruktur air bersih (di kecamatan Bangilan berupa HIPPAM Tirto Wijoyo Desa Sidotentrem), pembangunan dan rehabilitasi infrastruktur air limbah, dan bantuan pangan siap saji/rantangan, serta santunan.

Lebih lanjut, Bupati Huda juga menyampikan bantuan pangan siap saji/rantangan dikirimkan 2 kali per hari untuk fakir miskin sebatang kara. Sampai saat ini Masih Pada Kecamatan Tuban, Semanding, Merakurak dan Palang.

Pada kesempatan ini, Bupati dan Wabup menyerahkan sejumlah penghargaan, antara lain kepada Pemerintah Desa Sugiharjo Kecamatan Tuban atas Komitmen dalam memberdayakan masyarakat dan pengentasan pemiskinan di Pedesaan melalui APBDesa.

“Penghargaan ini suatu kebanggaan namun  sebenarnya tidak layak dibanggakan. Mengapa demikian?, karena Sugiharjo adalah salah satu desa dengan penerima santunan dan bantuan untuk warga miskin paling banyak, intinya semakin banyak warga yang masih di bawah garis kemiskinan berarti desa itu masih melum sukses mengentaskan kemiskinan”, ujar Bapak Sudarmoko selaku Plh. Kepala Desa Sugiharjo. (mah sgh)

 


image
Gambar Tambahan 1 Lihat Gambar
image
Gambar Tambahan 2 Lihat Gambar
Kategori

Bagikan :

comments powered by Disqus