PLN Elektrifikasi Pertanian di Sugiharjo, Petani Optimis Panen Lebih Banyak

  • Oct 10, 2024
  • Sugiharjo

sugiharjo.desa.id - Kebahagiaan menyelimuti para petani di Desa Sugiharjo, Kecamatan Tuban. Pasalnya, PT. PLN telah memulai program elektrifikasi pertanian di wilayah mereka. Program ini diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan para petani melalui peningkatan produktifitas pertanian.

PT. PLN mulai menggulirkan program elektrifikasi pertanian ini bertujuan untuk meningkatkan produktifitas pertanian di wilayah tersebut. Sebanyak 40 titik pemasangan dengan daya 6.600 kWh per titik telah ditargetkan. Pada tahap awal, 20 titik akan dipasang. Dengan adanya jaringan listrik, para petani diharapkan dapat melakukan irigasi secara lebih efektif dan meningkatkan frekuensi panen dari dua kali menjadi tiga kali dalam setahun.

Dengan adanya listrik, para petani kini dapat memanfaatkan pompa air listrik untuk mengairi lahan pertanian mereka secara lebih efisien. Hal ini memungkinkan petani untuk melakukan budidaya tanaman secara lebih intensif dan tidak lagi bergantung pada musim hujan. Targetnya, frekuensi panen dapat ditingkatkan.

“Kami sangat berterima kasih atas program ini. Dengan adanya listrik, kami bisa lebih mudah mengelola lahan pertanian dan hasil panen kami pun diharapkan akan meningkat,” ujar Bapak Warno kepala Desa Sugiharjo. (mah sgh)